Politik

Kehebohan Ujian Akhir kala Tahun Baru Menjelang

Oleh: Bayu Adji P

Sumber: situs IISIP Jakarta

Sumber: situs IISIP Jakarta

Sebagian mahasiswa Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta masih sibuk mengikuti ujian akhir semester (UAS) pada hari Selasa (31/12). Tanggal merah yang bertepatan dengan perayaan Tahun Baru pun memaksa jadwal ujian untuk Rabu (1/1) diundur.

Minimnya informasi tersebar di antara mahasiswa dan kurang berfungsinya situs resmi kampus sebagai pusat informasi, membuat kebingungan tentang ujian pengganti Tahun Baru.

Sebagian mahasiswa mengira, pengganti jadwal UAS akan seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni di hari yang sama di minggu berikutnya. Namun akhirnya, redaksi LPM Norma menemukan hari pengganti di situs IISIP Jakarta, terselip dalam selembar kalender akademik. Dalam kalender akademik tersebut dijadwalkan bahwa ujian pengganti akan dilaksanakan pada Senin (6/1), dengan sesuai sesi kuliah masih-masing.

Omar Abidin Gilang, selaku pembanturektor bidang kemahasiswaan mengonfirmasi hal tersebut. “Hari Senin, jamnya liat pengumuman,” jelasnya ketika ditanya mengenai ujian pengganti libur Tahun Baru.

Susunan jadwal dari awal sampai akhir kuliah semuanya terurai di kalender akademik. Namun tak banyak mahasiswa yang sadar dengan hal tersebut. Dengan demikian, mahasiswa mesti memiliki kalender akademik untuk melihat jadwal kuliah satu semester.

Tak henti sampai minimnya informasi, kebijakan yang dibuat perihal jadwal UAS yang bertepatan dengan Tahun Baru ini membuat sebagian mahasiswa mengeluh. Mereka harus menerima kenyataan bahwa malam pergantian tahun, yang identik dengan perayaan, harus dilewati di tengah jadwal UAS. Merayakan Tahun Baru di tengah jadwal UAS merupakan dilema bagi sebagian mahasiswa.

Bagi Firda Salim, mahasiswi Ilmu Jurnalistik IISIP Jakarta, Tahun Baru di tengah jadwal UAS itu sangat mengganggu. “Tahun baru kan biasanya dirayain tanpa pikiran dan tanpa beban apapun. Tapi Tahun Baru kali ini harus kepikiran sama UAS,” tutur mahasiswi semester V tersebut.

Firda pun mengabiskan malam pergantian tahun dengan tidur di rumah, “Seperti malam-malam biasa,” tutupnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s